Contoh Layanan Pelanggan

7 Contoh Layanan Pelanggan yang Keren

Posted by

7 Contoh Layanan Pelanggan yang Keren – Contoh layanan pelanggan yang baik sangat penting untuk bisnis dan bisnis manapun yang telah menerapkannya. Bahkan, konsumen rela membelanjakan 17 persen lebih banyak dengan perusahaan yang memberikan pelayanan prima, menurut American Express. Memang benar bahwa berita buruk menyebar lebih cepat daripada kabar baik, terutama di era media sosial.

Baca Juga: 8 Hal yang Wanita Karir Harus Sukuri di Awal Waktu

Sebagian besar kisah layanan pelanggan daring adalah tentang pengalaman layanan pelanggan yang buruk, dan akibatnya, Anda tidak selalu mendengar tentang perusahaan yang melakukannya dengan benar. Berikut adalah tujuh kisah layanan pelanggan dari perusahaan yang bergerak di luar kemampuan mereka untuk menyediakan layanan pelanggan yang terbaik:

1. JetBlue – Berterima kasih pada pelanggan dengan hal kecil

Paul Brown terbang dengan maskapai JetBlue ketika ia dengan santai menulis tweet bahwa ia tidak bisa mengambil kopi Starbucks sebelum naik ke pesawat karena ia turun di terminal yang lebih kecil di bandara Logan Boston.

Baca Juga: 8 Pelajaran Paling Berharga dari Para Founder Wanita

Dalam beberapa detik setelah melihat tweet itu, JetBlue langsung beraksi dan tim layanan pelanggan bandara mengantarkan Starbucks mocha ke tempat duduknya di pesawat. Brown sangat gembira dan menyebarkan hal baik ini tentang JetBlue di Twitter.

Pelajarannya: Pelanggan Anda tidak selalu membutuhkan bantuan besar, tetapi hanya ingin tahu mereka dihargai. Faktanya, 68 persen pelanggan pergi karena mereka merasa perusahaan tidak menghargai mereka.

Baca Juga: 5 Prediksi Masa Depan Layanan Pelanggan

Saya yakin setelah mengetahui permintaannya didengar, Mr. Brown merasa dihargai dan dia akan menjadi pelanggan setia untuk waktu yang lama. Untuk menjaga agar perusahaan Anda tetap berada di dalam pikiran pelanggan, lakukan tindakan yang lebih kecil untuk lebih banyak orang, alih-alih beberapa hal besar untuk banyak orang. Ini adalah hal-hal kecil yang diperhitungkan dan menghasilkan pelanggan setia.

2. Tesla – Menemui pelanggan Anda di tempat mereka

Tesla benar-benar menemui pelanggan di mana mereka berada, dengan pergi ke rumah pelanggan dan memperbaiki masalah pada mobil mereka. Sangat nyaman bagi pelanggan karena mereka tidak perlu duduk di bengkel dan dapat dijadwalkan sendiri. Ini adalah layanan pelanggan yang sangat baik.

Baca Juga: 4 Tips Untuk Para Calon Pengusaha Wanita

Pelajarannya: Meskipun Anda tidak selalu dapat secara fisik bertemu dengan pelanggan di mana mereka berada, Anda dapat menggunakan saran omni-channel dan beberapa opsi layanan pelanggan untuk memungkinkan pelanggan menghubungi Anda dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Pelanggan menghargai waktu dan kenyamanan, dan sebagaimana dibuktikan oleh Tesla yang bahkan rela membayar lebih untuk itu.

3. Adobe – Tanggapi keluhan layanan pelanggan sebelum terjadi

Ketika Adobe mengalami pemadaman layanan karena masalah dengan Amazon Web Services, mereka memposting tweet tentang hal itu sebelum mereka mulai mendapatkan keluhan pelanggan.

Tweet itu memuat video tentang anak anjing yang menyerbu sebagai pengalih perhatian dan meringankan suasana. Sementara ada beberapa komentar yang menanyakan kapan program akan berjalan lagi, banyak balasan yang berfokus pada anak-anak anjing yang menggemaskan.

Baca Juga: Mengenal Pengusaha Wanita yang Merubah Dunia

Pelajarannya: Kadang-kadang lebih baik untuk mengakui masalah sebelum muncul dan biarkan pelanggan Anda tahu Anda sedang berusaha memperbaikinya. Banyak pelanggan tahu teknologi tidak berfungsi 100 persen dan akan menghargai ketika Anda meminta maaf karena membuat kesalahan. Dalam hal ini, juga menjadikannya mudah untuk membantu.

4. Trader Joe’s – Membantu mereka yang membutuhkan

Seorang pria berusia 89 tahun terjebak di rumahnya selama badai salju dan cucunya khawatir dia tidak akan memiliki cukup makanan. Dia memanggil beberapa toko kelontong dan bertanya apakah mereka mau mengirim makanan, tetapi tidak berhasil.

Akhirnya, Trader Joe mengatakan mereka biasanya tidak mengirim, tetapi mereka akan membantu. Dia membacakan daftar besar ke toko dan mereka mengirimkan seluruh pesanan dan lebih banyak lagi dalam 30 menit, gratis.

Baca Juga: Keuntungan Memiliki Layanan Pelanggan yang Baik 

Pelajarannya: Sama seperti kisah Chick-fil-a yang membagikan sandwich kepada pengendara yang terdampar saat badai salju di Atlanta, kisah ini akhirnya menjadi viral. Mengapa? Orang-orang suka dengan perusahaan yang membantu yang kaum tertindas dan mereka yang membutuhkan. Ini menunjukkan tanggung jawab perusahaan dan bahwa perusahaan benar-benar peduli dengan pelanggannya.

5. Coca-Cola – Terlibat dalam penyelesaian masalah sosial

Sejak 1984, Coca-Cola telah menyumbang lebih dari $ 1 miliar melalui Coca-Cola Foundation. Yang hebat adalah mereka menyumbang di tingkat lokal dan tidak hanya untuk organisasi besar. Misalnya, Coca-Cola di Irlandia memprakarsai Dana Terima Kasih Coca-Cola, yang memberikan € 100K setiap tahun untuk badan amal lokal yang memberdayakan kaum muda, menumbuhkan keberlanjutan, dan mendorong keragaman dan inklusi.

Baca Juga: Cara Melindungi Badai Startup

Pelajarannya: Millennial ingin melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki nilai sosial yang sama dan menggunakan sumber daya mereka untuk memberikan kembali kepada mereka yang membutuhkan. Dengan menyumbang untuk tujuan sosial, Anda dapat menaikkan reputasi Anda dan mendapatkan kepercayaan milenial.

6. Zappos – Membalas setiap email secara pribadi

Zappos merespons setiap email yang diterimanya, bahkan jika itu ke CEO. Dalam hal ini, seorang wanita mengirim permintaan kepada Tony Hsieh dan meskipun dia tidak tersedia, wakilnya mengirim email balasan yang lucu dan menarik.

Baca Juga: 100 Bisnis yang Dapat Anda Mulai Dengan Kurang dari $ 100

Pelajarannya: Ketika pelanggan meluangkan waktu untuk mengirimi Anda email, mereka mengharapkan balasan. Ini menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan dan peduli dengan kebutuhan mereka. Sebagai bonus, Zappos juga memberikan tur ke kantor pusat untuk memberikan penggemar apa yang ada di balik layar.

7. Qualtrics! – Memberikan pengalaman acara yang luar biasa

Selama banyak konferensi yang Qualtrics hadiri dengan mengirim “Tim Impian Qualtrics” untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk menjadikan acara tersebut pengalaman yang benar-benar luar biasa.

Dari makanan dan minuman, hingga barang yang keren bahkan liburan dan pijat, Qualtrics berusaha memenuhi permintaan sebanyak mungkin. Mereka juga mengumpulkan saran dan kritik pelanggan dan membuat perubahan seperti suhu kamar dan menyediakan pengisi daya telepon.

Pelajarannya: Pelanggan hari ini tidak hanya menginginkan produk dan layanan, mereka menginginkan pengalaman unik yang tidak bisa mereka dapatkan di tempat lain. Pelanggan ingin senang di setiap waktu, dan kapan pun Anda bisa berusaha lebih keras untuk menjadikannya lebih istimewa, Anda akan mendapatkan loyalitas.

Itulah beberapa contoh perusahaan hebat yang memiliki layanan pelanggan yang keren. Anda juga dapat bermain judi online dengan mudah lho. Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan informasi terkait pekerjaan dapat membacanya di sini.